Minggu, 07 April 2013

India classic music



Musik adalah jiwa dari alam. Hal ini hadir di mana-mana dalam gemerisik pohon, aliran sungai, ketipak-derai dari hujan, dan suara burung. Hawa nafsu manusia bervariasi seperti, penderitaan, ekstasi, kesedihan, harapan, keinginan dll menemukan ekspresi dalam catatan halus musik.
Musik India adalah salah satu yang tertua dan bentuk terbaik dari ekspresi manusia. Veda, mewakili sastra paling kuno dikenal dunia, memiliki melodi yang berbeda. Sebuah musik yang mengikuti karakteristik tradisional disebut sebagai musik klasik. India musik klasik sangat terbuka. Hal ini memungkinkan seorang musisi untuk menciptakan bentuk-bentuk baru klasik, bentuk puisi baru, mode baru, dan ritme baru. Drone adalah syarat utama untuk mengembangkan sebuah raga. Para penyanyi selalu disertai oleh tambura atau harmonium.
India musik klasik telah penting bagi umat Hindu, khususnya banyak sekte Vaishnava. Pada zaman kuno, para imam dinyanyikan himne Weda berdasarkan catatan yang diberikan oleh aturan dikodifikasikan dalam Chandogya Upanishad. Ini imam disebut Samans atau Samavedis. Sejumlah alat musik kuno seperti keong atau Shankhu, kecapi atau Veena, seruling atau Bansuri, sangkakala dan tanduk dikaitkan dengan musik klasik. The Raga Nama pertama kali ditemukan di Natya Shastra dari Bharata Muni.
Ada banyak evolusi dalam teori musik klasik. Periode Purana ditandai oleh sejumlah referensi untuk bernyanyi, musisi dan alat musik. Narada itu Sangita Makarandha risalah adalah teks awal di mana aturan serupa dengan musik klasik Hindustan saat ini dapat ditemukan. Narada sebenarnya nama-nama dan mengklasifikasikan sistem dalam bentuk awal sebelum munculnya perubahan sebagai akibat dari pengaruh Islam. Juga, Jayadeva itu Gita Govinda dari abad ke-12 mungkin merupakan komposisi musik paling awal dalam tradisi klasik disebut musik Ashtapadi.
Munculnya kekuasaan Islam berada di bawah Kesultanan Delhi dan kemudian Kekaisaran Mughal di India utara menyebabkan musisi tradisional untuk mencari perlindungan di pengadilan penguasa baru. Aturan Islam di India membantu dalam sekering ide-ide Hindu dan Muslim untuk membuat Qawwali dan Khayal tersebut.
Yang paling legendaris musisi dari periode ini adalah Amir Khusrau, yang sistematis metodologi Hindustani dengan mempelajari bentuk teori musik Weda dan memacu rantai komposisi kreatif yang menyatu India dengan Persia kepekaan. Dia juga menemukan sebagian besar genre besar pada musik Hindustan dan beberapa instrumen yang paling penting, terutama Sitar tersebut. Kemudian, pada masa pemerintahan Kekaisaran Mughal, tarian dan musik berkembang.
The Hindu musisi Tansen adalah artis populer dari waktu yang sama. Ragas-Nya yang didasarkan pada saat hari yang dikenal telah begitu kuat sehingga menurut legenda, setelah bermain raga malam-waktu di pagi hari, seluruh kota jatuh di bawah Puppy dan awan berkumpul di langit.
The Hindustan dan Carnatic adalah dua sistem utama musik klasik. Meskipun mereka memiliki asal-usul yang sama dan sumber, menurut naskah-naskah kuno, mereka berbeda.
The Raga atau melodi adalah kontribusi India ke dunia musik. Ini adalah dasar musik klasik India, Hindustan baik dan Carnatic. Sebuah skema yang sangat ilmiah dan praktis klasifikasi raga diperkenalkan oleh Venkatamahi adalah dasar untuk musik klasik India.
Para ragas terbuat dari kombinasi yang berbeda dari sapta swaras atau tujuh catatan. Mereka adalah Sa Sadjam, Ri Rishabam, Ga Gaandhaaram, Ma Madhyamam, Pa Pancham, Dha Dhaivadam, Ni Nishadam. Kombinasi dari catatan ini berkelok-kelok ke dalam komposisi dalam cara yang menyenangkan untuk telinga disebut raga '. Setiap raga menciptakan suasana yang berhubungan dengan perasaan, emosi dan sentimen. Setiap kombinasi drift catatan tidak bisa disebut sebagai raga '.
Raga A didasarkan pada prinsip kombinasi catatan dipilih dari interval catatan 22 dari oktaf. Seorang pemain dengan pelatihan dan pengetahuan saja cukup dapat menciptakan emosi yang diinginkan, melalui kombinasi shrutis dan catatan. Ada sejumlah raga 'dalam musik klasik Hindustan. Setiap Raga memiliki nama dan karakter, yang dapat renungan, erotis, berani dan gagah, atau tragis.

Sabtu, 06 April 2013

Mengaktifkan cakra dengan Nafas



Nafas adalah talinya Jiwa...nafas yang menyebabkan mahluk tetap dapat hidup sebagaimana mestinya...tanpa nafas tubuh ini hanyalah seonggok sampah tanpa guna. Dibalik nafas ada energi prana (energi hidup) dan prana ini yang terpenting dikenali karena prana bukanlah nafas .. namun pranalah yang mendasari semuanya termasuk yang mengalir di setiap cakra-cakra. sangat sulit membuktikan keberadaan prana namun demikian kita dapat merasakan dan memanfaatkan keberadaannya yaitu dengan mengolah aliran nafas. Prana sebagian besar ikut mengalir bersama udara pernafasan sehingga pernafasan sangatlah penting sekali...dalam hidup ini sesungguhnya hanya nafas yang terpenting dan semua orang telah menyadari dan tahu akan hal ini namun sayang sekali banyak orang yang mengabaikan pernafasan walaupun mereka tahu bahwa nafas adalah energi vital...energi hidup terpenting....
Bagi mereka yang terbiasa latihan pernafasan tentunya sudah tahu manfaat dari pernafasan diantaranya untuk kesehatan baik fisik maupun mental, menyembuhkan berbagai penyakit, menjadikan seseorang mampu memiliki tenaga dalam dsb, dan dalam kesempatan ini saya akan coba mengajak anda memanfaatkan nafas untuk mengaktifkan bahkan kalau dilatih secara rutin akan mampu membuka cakra - cakra utama tanpa disadari. Di bawah ini saya mengajak anda untuk melatih pernafasan dan menguji manfaatnya terutama untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari misalnya dapat dimanfaatkan untuk memperlancar usaha, menangani proyek-proyek agar mencapai kesuksesan dan dapat dimanfaatkan untuk apa saja tergantung kecerdasan anda nantinya untuk mengembangkannya. Latihan pernafasan yang akan di latih nanti akan lebih terfokus untuk mengaktifkan 6 cakra namun keaktifannya bisa terjadi beraturan ataupun tak beraturan dari cakra bawah sampai cakra atas...bisa jadi aktif secra bersamaan atau satu persatu. Semua ini kembali pada keadaan invidu seseorang dan faktor kelahirannya. Yang perlu di pahami jangan terlalu berambisi karena dalam spiritual bukan keinginan atau pikiran yang terpenuhi permintaannya namun "Kesadaran " lah yang memintanya. Jadi apa yang nanti bener -bener dibutuhkan oleh tubuh maka itulah yang akan diisi.........hal ini di ungkapan dengan indah " seperti tanah di ladang yang banyak ada lobangnya atau tanahnya yang lembah...tanahnya cekung..maka air hujan akan lebih banyak tergenang di daerah itu " seperti itu juga energi prana nantinya akan mendukung dan mengisi daerah cekungan itu" daerah cekungan itu tiada lain apa yang benar-benar dibutuhkan dan apa yang dibutuhkan hanya kesadaran sendiri yang tahu. Karena kesadaran yang meminta makanya banyak orang yang tidak merasakan hasil dari tindakan spiritual yang telah dijalani, kenapa? mereka pada umumnya membiarkan keinginan dan pikiran rendahnya yang meminta, ini bukan salah juga bukan keliru namun sulit dipenuhi oleh energi yang halus. Hukum energi tetap berlaku....energi yang sama akan terjadi saling tarik menarik....dan sekarang kita akan coba melatih menarik campuran energi secara acak dari energi yang kasar sampai yang halus ....

Latihan Pernafasan
Duduklah dalam sikap asanas yang di sukai, dan usahakan tubuh sesantai mungkin
Berdoa ke hadapan YM Kuasa sesuai keyakinan masing-masing
Mulai hisap nafas sepanjangnya dan semampunya melalui mulut dengan bibir mirip seperti bersiul dan kembungkan perut ...jadi pernafasan ini adalah pernafasan perut
Selanjutkan keluarkan nafas selambat-lambatnya melalui hidung dan perut dikempiskan serta lubang dubur niatkan ditutup (spt menahan kentut)
Ulangi pernafasan ini 7 sampai 9 kali
Istirahat sejenak
Kembali lakukan pernafasan namun kali ini pernafasannya dilakukan semuanya hanya melalui hidung
Mulai tarik nafas sambil merasakan nafas yang masuk,rasakan aliran nafas mengalir ke seluruh tubuh.....(ini sangat penting)..keluarkan nafas dengan santai .....lakukan ini berulang kali juga
Setelah energi mengisi tubuh secara perlahan akan ada energi / sesuatu yang terasa berhenti di suatu titik tertentu di tubuh...kalau itu nanti sudah mampu dirasakan ikutilah mengarahkan perhatian pada daerah / titik itu atau kalau bila berpindah sadari dan ikutilah perpindahannya itu dan janag berusaha menyetopnya atau mengarahkannya....anda hanya berusaha menyadari, merasakan, mengamati, menikmati dan menyaksikan saja..aliran energi di tubuh anda....dan ikutilah perpindahannya samapi titik terakhir atau berhenti berpindah-pindah.
Bila nanti sudah anda merasa cukup ( ini akan muncul dari dlm diri) maka akhiri latihan ini....
lakukan latihan ini minimal selama 33 hari setiap hari minimal 15 menit...

Penerapan dalam kehidupan sehari -hari
Bila anda punya keinginan untuk sukses misalnya dalam sebuah proyek atau ingin mendapatkan keuntungan dalam berdagang, atau apapun yang menjadi keinginan dan kemauan anda silahkan dipikirkan dulu dengan mantap tentukan tujuan dengan bulat satu-satu dulu.

Lakukan teknik pernafasan diatas dan mulai rasakan...
Apapun yang muncul dalam benak anda di saat awal amati saja apakah rasa ragu atau khawatir akan ketidak efektifan teknik ini atau akan ketidak berhasilan keinginan anda. Ikuti saja terus perasaan itu jangan menambah gagasan apapun apalagi menahan atau melawan...ingat anda hanya sebagai pengamat....amati saja...nanti secara perlahan perasaan buruk itu akan memudar dan menghilang. Nah setelah nanti perasaan buruk itu sudah tiada berusaha mulai tumbuhkan keyakinan akan keberhasilan tujuan anda. Selanjutkan semakin perkuat keyakinan anda sambil mengikuti aliran energi di tubuh anda dan apabila perasaan yakin itu terasa berhenti di suatu tempat di tubuh kita...lanjutkan mengembangkan energi keyakinan anda dan rasakan sampai terbentuk energi yang sangat besar kemudian secara verbal ucapakan dengan semangat dan penuh keyakinan " Aku adalah sumber...aku adalah pusat..aku adalah inti dari semua energi...aku adalah pengendali, pengontrol dan penggerak - energi.....aku mengendalikan energiku ini.....aku mengendalikan energiku ini......aku mengendalikan energiku ini....Nikmati keadaan beberapa saat kemudian akhiri dengan senyum....

Jumat, 05 April 2013

Phantasmgoria on Kamis Sore

Phantasmgoria on Kamis Sore.    comming son

PENGALAMAN KUNJUNGAN KE JATIWANGI


Kunjungan ke jatiwangi
Jatiwangi atau jatisura kab. Majalengka yang sudah tidak asing lagi bagi telinga orang indonesia, karena daerah tersebut adalah daerah pembuat genteng dan kramik. sebagai mana orang-orang tak mengetahui tentang kualitas genteng dari jatiwangi hampir seluruh jawa barat mengetahui tentang kualitas genteng atau keramik, dan tidak daerah jawa barat saja tapi daerah lainnya seperti  daerah  jawa tengah, banten, papua. Dan sebagainya.Maksud kunjungan kami ke jatiwangi adalah untuk observasi tentang musik keramik, dimana di daerah jatiwangi ini akan di adakannya acara. (ceramic music festival) festival musik keramik ini pertama di indonesia dan dunia dan d adakan di daerah jatiwangi .Dalam kunjungan kami ke jatiwangi , saya di kenalkan proses pembuatan genteng , keramik dan alat musik dari keramik. Pertama kali saya dan teman-teman datang kami di suguhkan lukisan , patung dan gambar. Yang ada di galery. Terus kami di suguhgan dengan adanya acra daerah setempat dalam rangka memperingati hari ulang tahun jatisura yang ke 110 tahun yang baru di rayakan pertamakalinya di selenggarakan. Dan kami disana melihat pertujukan , pagelaran, worksop ,bazar dan musik. Saya salut kepada masyarakat jatisura dimana tempat disenggarakannya acara daerah itu ternyata dulunya tempat penembakan tokoh masyarakat di desa jatisura. Dan saya terus disajikan dengan grup band  yang mebagian alat musiknya terbuat dari genteng dan keramik. dan alat musiknya seperti gitar dari keramik, suling, udu, perkusi genteng dan bass elektrick. Yang meminkan alat musik tersebut di mainkan oleh salah satu grup band yang bernama HANYATERA. Band ini sudah perform di banyak tempat seperti di tvone, metrotv kick andy,dan banyak festival lainnya.Setelah keesokan harinya saya  waktunya untuk berbincang-bincang tengtang  musik keramik atau genteng. Kenapa mereka membuat hiasan, lukisan, patung, dan alat musik . dan jawabnya itu hanya untuk meningkatkan nilai tambah dalam segi money , mereka berpikir dari pada menjual genteng 1 truk 2juta, mending jual 1 lukisan yang berharga  2juta. dan Saya sangat tertatik dengan 1 alat musik yang terbuat dari genteng atau keramik yaitu gutar. 


Dimana guitar ini menarik saya untuk di teliti dan mengetahui lebih detailnya. Usia gitar ini sendiri berusia lima tahun dan pembuatan gitar itu sendiri tidak semuanya dari genteng tapi ada unsur campuran kayu yaitu di necknya.
 Untuk pemasangannya ada campuran khusus dan saya tidak diberitahu apa itu, bentuk gitar ini cendrerung ke akustik electick. Dan alat musik ini bisa di bilang sensitif  karena barang pecah dan posisi memainkannya pun cenderung lebih hati-hati, mungkin alat musik ini bisa di bilang ribet.
Untuk pemasangan senarnya sama seperti gitar pada umumnya, dan cuningnya pun standar E , mungkin yang membedakannya adah ukuran senanrnya, guitar ini memakai senar ukuran 011 .
Untuk segi perawatan mereka bisa di bilang kurang mengetahui tengtang perawatan guitar , mereka tidak mengetahui tentang tekanan senar, dan senar 011 itu cenderung berat untuk guitar ini. Karena bisa membengkokkan neck gitar dan bisa renggang dan menjadi semakin berat untuk di pakai. Untuk servis  guitar ini juga sangat kurang , mungkin mereka kurang menegatuhi tentang servis guitar genteng atau keramik.
Mungkin hanya itu pengalaman saya di jatiwangi... 

POLAPIKIR DAN GAYA HIDUP MUSIK..

3 Minggu waktu berlalu saya belum menemukan apa yang gw inginkan ketika saya sekitar 1 minggu kemarin saya shering2 bersama teman2 masalah saya tentang saya.. apa yang membuat saya stak ga bergerak .. jawabannya hanya satu.. kita ga mau melihat duai luar yang penuh perbedaan ,, dan penuh ke aneka ragaman ,, dan semua itu bisa d dapat karena kita berani keluar.. saya banyak menerima masukan dan saran katika seorang musisi,menejemen,artis di dunia musik.. di beri tau bahwa semua yang berkaitan dengan materi khususnya itu sangat berpengaruh dan bisa di bilang sensitif.
dalam proses dunia entertaiment, dari seorang musisi,artis dan menejemen .. yang paling tidak asing bagi telinga kita basanya artis selalu dengan ciri khasnya masing2,, sperti style,gaya hidup,fasion,sampai kesehariannya .
itu menjadi daya tarik tersendiri bagi fans,publik dan masyarakat.
pada dasarnya kita sebagai penikmat atau pengamat musik di dunia musik itu sendiri sangat bermacam2 jenis music seperti.

MUSIC :

  • JAZZ 
  • BLUES
  • CLASSIC
  • ROCK


PASUNDAN GUITAR COMMUNITY



Biografi

PGC (pasundan guitar community)  terbentuk pada awal semester ganjil tahun 2010 , bertujuan untuk memper erat tali silaturahmi sesama gitaris di universitas pasundan.PGC resmi didirikan pada tgl 12 september 2010 di bawah naungan hima seni musik Rendy Daeng dan Aji Broken Bones , dan febry sebagai Ketua PGC.PGC mempunyai kegiatan rutin seperti share tentang gitar atau pergitaran, forum jual beli seputar pergitaran, bahkan sampai gathering  minus one di setiap satu bulan sekali di kampus universitas pasundan (unpas setiabudi).Akhir tahun 2010 anggota PGC mulai mencoba membuat suatu konsep perform dengan menampilkan 10 guitaris , 1 bassis, dan 1 drum dalam satu panggung. Yang beranggotakan di gitar satria , febry, andi, albert, donat, jimmy jeprut, ivan, kodok, trian, farid. Di bass ada bow dan riyan pada drum. Debut pertama Pasundan Guitar yaitu di acara djarum super mild acara unpas tehnik mesin  acara ulang tahun anak-anak mesin 2011 ,majalaya di acara L.A ligh  acoustic day 2011 , braga festifal 2012  (people to people), djarum super super fest 2012 (soreang).


PASUNDAN GUITAR ROAD TEAMArtis   : Jimi   (Vocal Guitar)            Albert            (Guitar)            Febri  (Guitar)            Andi   (Guitar)            Trian  (Guitar)            Ivan    (Guitar)            Donut            (Guitar)            Farid  (Guitar Accoustic)            Satria (Guitar Accoustic)            Kodok            (Guitar)            Riyan (Drum)            Bow    (Bass)Squad : Bayu           (Manager)            Dwi     (Crew)            Kan2  (Crew)            Asep   (Crew)            Iman  (Crew)


KEPUTUSASAAN

setiap orang pasti merasakan keputusasaan entah apa penyebabnya tapi itu semua aku alami 4hari yang lalu dengan ingatan yang tidak bisa menampung kapasitas yang di terima, aku mencoba meningat tahun semua mata kuliah yang aku pelajari dan aku hafal, aku ingat semua itu waktu tahun kemarin tpi di hari ini seakan - akan , semuanya sirna aku mencoba membaca kembali catatan yang aku tulis seakan tidak mengerti, kenapa aku, ??? kenapa dengan ingatanku ??? seakan - akan aku harrus muali lagi dari nol.. apakah ini masih bisa d perbaiki ......